Jalan Tol Trans Sumatera Mulai Dibangun Tahun Ini

Jalan Tol Trans Sumatera Mulai Dibangun Tahun Ini

(sumber: Bayu Marhaenjati/ Beritasatu.com)

Jakarta — Pemerintah menyatakan akan segera memulai pengerjaan jalan tol Trans Sumatera pada tahun ini, yang akan dimulai dengan pengerjaan sebanyak empat ruas dari 23 ruas tol Trans Sumatera dengan investasi sebesar Rp 32,5 triliun.

Jalan tol tersebut akan dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) yang akan dimulai dengan pembangunan ruas tol Medan-Binjai pada September mendatang.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa menuturkan, pemerintah akan melakukan percepatan pada pembangunan ruas jalan tol trans Sumatera dengan memberikan penugasan pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dalam hal ini PT HUtama Karya.

Rencanananya, menurut Hatta, dari 23 ruas jalan tol Trans Sumatera yang ada, PT Hutama Karya akan mulai membangun empat ruas tol terlebih dahulu.

“Kami ingin melakukan suatu percepatan oleh sebab itu pembangunan ruas jalan tol ini sudah ditetapkan melalui penugasan kepada BUMN kita dan ditetapkan melalui peraturan Presiden,” ujar Hatta di Jakarta, Kamis (11/7)

Menurut Hatta, jalan tol yang terbentang sepanjang 2.700 km dari Aceh hingga Lampung tersebut akan mulai dibangun pada September 2013 dan diharapkan dapat rampung pada tahun 2020 mendatang.

Ruas jalan tol tersebut, menurut dia, masuk dalam masterplan ASEAN Connectivity, dimana ruas jalan tol Trans Sumatera diharapkan dapat memiliki kualitas standar internasional.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menuturkan, pihaknya saat ini, telah melakukan studi kelayakan pembangunan jalan tol Trans Sumatra. Dari studi kelayakan tersebut, menurut dia, seluruh ruas jalan tol trans Sumatera tersebut layak secara ekonomi, tetapi tidak layak secara finansial.

“Semua studi kelayakan meliputi prastudi telah kita lakukan, sehingga kita telah mengetahui setiap ruas kelayakannya dan semua layak secara ekonomi, tetapi tidak layak secara finansial karena itu kita memberikan penugasan pada BUMN yang sahamnya 100% dimiliki oleh pemerintah,” terang dia.

Adapun untuk tahap pertama, menurut dia, Hutama Karya akan mulai membangun sebanyak empat ruas jalan tol, yakni : Medan – Binjai, Pekanbaru – Dumai, Indralaya – Palembang dan Bakauheni – Terbanggi. Saat ini, menurut dia, pengadaan lahan untuk pembangunan jalan tol tersebut memang masih dalam proses. Namun, menurut dia, PT Hutama Karya selaku BUMN yang diberi penugasan harus dapat segera menyelesaikan pengadaan tanah tersebut.

Investasi untuk pembangunan empat ruas jalan tol tersebut sendiri mencapai Rp 31,5 triliun dengan rincian investasi, yakni ruas Medan – Binjai Rp 2 triliun, Pekanbaru – Dumai Rp 14,7 triliun, Indralaya – Palembang lebih dari Rp 1 triliun serta Bakauheni – Terbanggi Besar Rp 13,8 triliun.

Penulis: NTI/FMB

Sumber:Investor Daily

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: