Jalan Lintas Barat Bengkulu Siap Dilalui Pemudik

Sabtu, 13 Agustus 2011 02:02

BENGKULU, HALUAN — Jalan lintas barat Bengkulu ruas Tais batas Lampung saat ini siap untuk dilalui kendaraan mudik lebaran dari Pulau Jawa tujuan ke kota-kota di Sumatera dan sebaliknya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriyah.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Jum¬at kondisi jalan lintas barat dalam ke¬a¬daan mantap, terutama pada ruas Tais batas Lampung. Badan jalan yang ber¬lobang dan rusak sebelumnya sudah ti¬dak terlihat lagi karena sudah ditutup aspal.

Demikian pula siring dan rumput di kiri kanan jalan sudah dibersihkan oleh SNVT Balai Bina Marga Beng¬kulu, sehingga kendarana besar yang akan berpapasan tidak mengalami kendala lagi. ”Kalau sekarang kita lewat jalan lintas barat Bengkulu, khususnya ruas Tais batas Lampung tidak ada masalah lagi karena kondisi badan jalan mulus. Lobang besar dan kecil yang ada di jalan tersebut sudah ditutupi.

Demikian pula siring dan rumput di kiri kanan jalan sudah dibersihkan,” kata Samsidar, salah seorang pengemudi truk barang ketika melintasi jalan tersebut.

Dengan mantanpnya kondisi badan jalan tersebut, maka jarak tempuh Bengkulu-batas Lampung lebih cepat sekitar 1,5 jam dari sebelumnya 6-7 jam. “Jalur ini akan padat mendekati lebaran nanti karena orang yang akan ke jawa lebih senang melalui jalinbar karena jalan mantap dan jarak tempuh singkat,” ujarnya.

Hal senada diakui Sahrun, sopir bus jurusan Bengkulu – Jakarta. Ia mengatakan, selama ini jarak tempuh Bengkulu – Jakarta sampai 13 jam, tapi setelah kondisi jalinbar mantap jarak tempuh dapat disingkat menjadi 11 jam.

Hal ini terjadi karena lobang besar dan kecil yang ada di ruas jalan tersebut sudah ditutupi dan peningkatkan jalan yang ada di ruas tersebut sudah dilakukan pengaspalan, sehingga laju kendaraan dapat dipacu dengan kecepatan di atas 80 km/jam.

“Kalau kondisi jalinbar Bengkulu mantap seperti ini kendaraan para pemudik dari Jawa tujuan ke kota Sumatera akan melintasi jalur tersebut. Selain lancar juga jarak tempuh lebih singkat ketimbang lewat lintas tengah dan timur,” ujarnya.

Demikian pula jalan lintas barat ruas Ketahun batas Sumatera Barat juga dalam kondisi mantap. Lobang dan pekerjaan pengaspalan di beberapa titik pada ruas tersebut sudah dilaksa¬nakan.

Sehingga kendaraan dari dan ke Bengkulu yang melintasi jalur tersebut berjalan lancar dan kendaraan dapat dipacu dengan kecepatan di atas rata-rata 80 km/jam. Namun, sebaliknya jalinbat ruas Ketahun batas Tasi yang ditangani satuan perangkat kerja daerah (SKPD) Dinas Pekerjaan Umum setempat sampai sekarang mantap.

Sebagian lobang besar dan kecil pada ruas jalan tersebut belum ditutupi secara keseluruhan, sehingga arus lalu lintas kendaraan tidak lancar. Meski demikian, jalur ini sudah bisa digunakan untuk para pemudik tujuan kota-kota di Jawa dan sebaliknya.

Santuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) proyek peningkatan dan perbaikan jalinbar Tais batas Lampung, Muchtar Harahap mengatakan, kon¬disi jalan lintas barat Tais batas Lampung saat ini mulus dan sudah siap dilalui kendaraan para pemudik dari Jawa ke Sumatera dan sebaliknya.

Pekerjaan perbaikan dan pening¬katan ja¬linbar pada ruas tersebut sudah men¬dekati selesai. Demikian pula ruas jalinbar Sebelat batas Sumbar dan Ketahun (Bengkulu Utara batas Tais, Kabupaten Seluma mulai sekarang sudah siap dilalui oleh kendaraan pemudik, katanya. (ant)

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    amiankpalala said,

    Kalo sekarang kondisinya masih bagus gak ya? Soalnya rencana dlm waktu dekat ini saya mau pulang ke Padang. Saya belum pernah nyobain lewat lintas barat, kalo kondisi jalannya bagus saya mau coba lewat lintas barat. Makasih infonya..

  2. 2

    Bulan lalu Ipar saya dari Bengkulu ke Bandung pulang pergi lewat Lintas Barat ini, sepertinya jalan baik2 saja, mungkin perlu di antisipasi BBM, segera isi bila ketemu SPBU yang buka walau BBM kita belum habis betul. Bengkulu – Padang, belum ada info kondisi terkininya.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: