Perbaikan Jalan Rusak Tak Sesuai Target

Kamis, 25 November 2010


JALAN RUSAK. Banyak ruas jalan di Bandar Lampung yang rusak parah dan perbaikan pun amat lambat dilakukan. (LAMPUNG POST)

BANDAR LAMPUNG
(LampostOnline): Perbaikan jalan rusak di Kota Bandar Lampung diperkirakan tidak akan selesai sesuai target, yaitu pertengahan Desember 2010. Pasalnya, hingga kemarin belum terlihat adanya tanda-tanda perbaikan di sejumlah lokasi.
Pemantauan Lampung Post, kondisi jalan rusak yang terdapat di Jalan Dr. Harun IV, Jalan Pulau Bacan, Jalan Arif Rahman Hakim, dan Jalan Urip Sumoharjo. Di jalan-jalan tersebut belum ada tanda-tanda segera diperbaiki. Padahal, perbaikan jalan rusak yang masuk kategori jalan kota dan lingkungan seharusnya sudah dilakukan perbaikan sejak awal November 2010 lalu.
Yang terlihat diperbaiki hanya Jalan Ridwan Rais. Sayangnya pekerjaan perbaikan di lokasi tersebut terkesan lambat dan tidak memperhatikan kenyamanan pengguna kendaraan. Sebab, selain pekerjaannya yang sudah memakan waktu sekitar dua minggu, material perbaikan seperti batu berukuran besar juga berserakan di jalan.
Kondisi tersebut membuat jalan di lokasi ini hanya dapat dilalui satu arah dan mengakibatkan sering terjadi kemacetan yang cukup panjang.
Kepala Bidang Infrastruktur Jalan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandar Lampung Iwan Gunawan mengatakan pekerjaan perbaikan jalan sudah berjalan satu minggu.
Namun, dia belum bisa memastikan jalan di daerah mana saja yang sudah dilakukan perbaikan dan lokasi mana saja yang akan diperbaiki.
Iwan menjelaskan Dinas PU Kota Bandar Lampung sudah membuat kesepakatan dengan kontraktor pemenang tender melalui kontrak selama tiga bulan untuk waktu perbaikan jalan. Artinya, jika hingga batas waktu pekerjaan, yakni pertengahan Desember 2010, pihak kontraktor belum juga melakukan perbaikan, pihaknya tidak akan melakukan pembayaran pekerjaan tersebut.
Iwan menuturkan perbaikan jalan rusak yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2010 sebesar Rp23,1 miliar tersebut akan dilakukan di sejumlah lokasi.
Perbaikan yang akan dilakukan sifatnya menyeluruh dengan melapisi aspal. Perinciannya, kategori jalan lingkungan dilapisi dengan lapisan tanah dan pasir, sedangkan jalan kota menggunakan lapisan hotmix. (*/K-1/L-1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: