Bakauheni Mulai Dipadati Ribuan Pemudik

Sriwijaya Post – Minggu, 5 September 2010 23:38 WIB

BAKAUHENI – Ribuan pemudik pada H-5 terus berdatangan memadati Pelabuhan Bakuheni sejak Minggu siang hingga malam, baik dari Sumatera maupun menuju Jawa.

Manejer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Bakuheni, Zailis Anas mengatakan, Minggu (5/9/2010) saat ini pemudik memang mulai padat dan jumlahnya akan terus mengalami peningkatan hingga malam hari.

“Jumlah penumpang akan tersebut mengalami peningkatan hingga masa puncak arus mudik yang diprediksikan pada H-2 dan H-1 bersamaan dengan libur bersama,” katanya.

Dia mengatakan, saat ini arus pemudik mulai meningkat baik yang tiba di Pelabuhan Bakauheni maupun tolak menuju Pelabuhan Merak.

“Namun jumlah penumpang yang tiba di Pelabuhan Bakauheni jumlahnya lebih banyak dari pada yang tolak menuju Pelabuhan Merak,” jelasnya.

Berdasarkan pemantauan, di Pelabuhan Bakauheni, penumpang yang tiba terus mengalir memadati Terminal Pelabuhan Bakauheni sejak Minggu dini hari hinggga malam hari tanpa henti.

Sedangkan, pemudik di antrean tiket elektronik Pelabuhan Bakuheni sendiri juga meningkat signifikan namun jumlahnya lebih banyak pemudik yang tiba dari Pelabuhan Merak.

Saat ini seluruh dermaga sudah berfungsi untuk membongkar dan memuat penumpang, kendaraan dan barang termasuk dermaga plengsengan yang sedianya hanya akan digunakan sebagai dermaga cadangan.

Selain itu, penumpang kendaraan bus juga tidak kalah banyak jumlahnya yang datang dan berangkat dari pelabuhan itu baik dari Jawa maupun Sumatera serta pemudik yang menggunakan roda empat dan roda dua.

Berdasarkan data dari PT IF pada Minggu sore jumlah penumpang yang tiba di Pelabuhan Bakauheni mencapai 40.588 kendaraan 8.764 unit yang terdiri dari dua 4.028 unit, roda empat 3.557, dan kendaraan besar bus penumpang 4.540 unit.

Sedangkan kedatangan sebelumnya pada H-6 jumlah penumpang mencapai 48.691 penumpang dengan 8.761 kendaraan berbagai jenis termasuk kendaraan roda dua dengan diangkut 24 armada kapal roll on roll off atau roro sebanyak 96 trip.

Kemudian, untuk keberangkatan mencapai 90 trip yang dilayani oleh 27 armada kapal dari 24 armada pada hari sebelumnya, ditambah dengan dua kapal cepat yang beroperasi untuk mendukung angkutan mudik.

kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: