ARUS MUDIK: Polda Lampung Amankan Pusat Keramaian

ARUS MUDIK: Polda Lampung Amankan Pusat Keramaian
Jum’at, 6 Agustus 2010

BANDAR LAMPUNG (LampostOnline) : Polda Lampung mensiagakan 4.859 personel untuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Petugas disebar di pusat-pusat keramaian seperti Pelabuhan Bakauheni, Terminal Rajabasa, THR Pasir Putih, dan beberapa titik lainnya.

“Anggota diminta mengamankan pemudik dari tindak kriminal ataupun kecelakaan lalu lintas saat arus mudik,” kata AKBP Rahmat Hidayat, Direktur Lalu lintas (Dirlantas) Polda Lampung saat rapat koordinasi kesiapan puasa dan lebaran di Ruang Sungkai Balai Keratun, Kamis (5-8).

Dia menjelaskan, angka tindak kriminal selama 14 hari mulai H-7 hingga H+7 tahun 2009 lebih tinggi dibandingkan 2008. Tahun lalu angka kriminalitas selama 14 hari di jalur mudik mencapai 102 tindakan sedangkan pada 2008 hanya 83 tindakan.

Sedangkan angka kecelakaan lalu lintas menurun dari 94 kecelakaan pada 2008 menjadi 88 kecelakaan pada arus mudik tahun lalu.

“Yang meninggal dunia saat arus mudik dan arus balik tahun lalu cukup banyak yakni 59 orang. Kita harus mengantisipasi agar korban kecelakaan tahun ini bisa ditekan jumlahnya,” kata Rahmat.

Dan untuk kepentingan operasi tersebut, Polda Lampung mengusulkan bantuan anggaran operasi ketupat senilai Rp960 juta kepada Pemerintah provinsi (pemprov) Lampung.

Rahmat Hidayat menjelaskan, untuk biaya operasional mengawal arus mudik dan arus balik saja Polda Lampung butuh biaya Rp2,169 miliar. Sedangkan saat ini dana yang sudah ada hanya Rp1,2 miliar.

“Kami sudah mengirimkan surat kepada Pak Gubernur. Semoga ini bisa diakomodir agar kebutuhan anggota kepolisian yang mengawal mudik bisa dicukupi,” kata Rahmat. (MG3/L-2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: