ARUS BALIK: Jalinpanbar Mulai Ramai Kendaraan

Sabtu, 26 September 2009
RUWA JURAI
ARUS BALIK: Jalinpanbar Mulai Ramai Kendaraan

KOTAAGUNG (Lampost): Arus balik pemudik dari Tanggamus, Lampung Barat, Bengkulu, dan sekitarnya yang melintas jalan lintas pantai barat (jalinpanbar) pada H+3, Kamis (24-9), mulai ramai.

Menurut pemantauan Lampung Post di kawasan simpang empat Kotaagung, jalinpanbar mulai ramai dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat pribadi. Rata-rata dalam satu jam kendaraan yang melintas mencapai 700 hingga 1.000 unit kendaraan. Dari jumlah tersebut, sepeda motor mendominasi arus balik kali ini.

Para pemudik yang akan kembali ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), dan Banten memilih melakukan perjalanan pada siang hari. Pasalnya, Selasa (22-9) sore hingga Kamis (24-9) dinihari hujan mengguyur kawasan jalinpanbar dan sekitarnya.

Arus balik kemarin (Kamis, red) cukup ramai dibanding sehari sebelumnya, Rabu (23-9), di mana kendaraan yang melintas masih lengang. “Puncak arus balik ini diperkirakan akan terus meningkat hingga Minggu (27-9),” kata seorang petugas Dinas Perhubungan di Kotaagung.

Ramainya pengguna jalan lintas pantai barat juga terlihat di sejumlah rumah makan dan sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Ditambah lagi, ada tradisi Sakuraan (topeng seribu wajah) yang digelar warga adat Lampung Pesisir seperti di Kecamatan Semaka, Bandar Negeri Semoung, Wonosobo, dan Kotaagung Barat.

Sementara itu, Sutan Armani (45), warga Unit 5 Kuro Tidur, Bengkulu Utara, yang hendak menuju Jakarta, kepada Lampung Post mengaku lebih memilih jalinpanbar ketimbang jalan lintas lain. Alasannya, jalan tersebut lebih aman dan lancar. Ditambah lagi, kondisi jalan cukup bagus.

“Yang pasti, jarak tempuh lebih singkat, sekitar 3 sampai 4 jam daripada melintas jalan lain. Sudah itu, pemandangan di jalan lintas pantai barat ini sangat memesona,” kata dia. n UTI/D-1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: