Bengkulu Punya Posko Komunikasi Bencana

Sabtu, 1 Agustus 2009 | 12:32 WIB
BENGKULU, KOMPAS.com – Provinsi Bengkulu yang pernah diguncang gempa besar berkekuatan 7,3 dan 7,9 pada skala richter kini memiliki pos komando (posko) komunikasi bencana.

“Bengkulu daerah rawan gempa, sebab itu butuh posko komunikasi sebagai tempat berkoordinasi bila terjadi bencana,” kata Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Bengkulu Sudoto, di Bengkulu, Sabtu (1/8).

Dikatakannya, sebagai daerah rawan gempa, warga Bengkulu semestinya tidak perlu takut berlebihan terhadap gempa, yang terpenting adalah bagaimana menyikapinya. “Kami di Bengkulu mesti ’bersahabat’ dengan gempa agar tidak menjadi korban gempa. Pelajari tabiatnya agar bisa menyesuaikan diri,” katanya.

Menurut Sudoto, mendirikan posko komunikasi bencana merupakan salah satu cara bersahabat dengan alam. Menghadapi bencana yang kemungkinan datang kapan saja harus disikapi dengan kesiapsiagaan, sehingga rasa takut berlebihan bisa dihilangkan. “Kalau sudah ada posko komunikasi, dampak negatif bencana bisa dikurangi,” ujarnya.

Posko ini dipusatkan di Kantor Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Provinsi Bengkulu Jalan Basuki Rahmat, dikelola oleh Taruna Siaga Bencara (Tagana) dari unsur Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).

Di dalam Tagana juga bergabung berbagai elemen masyarakat baik organisasi sosial (orsos), organisasi kemasyarakatan (ormas), organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) maupun organisasi profesi. “Jadi selain karang taruna, di Tagana juga ada RAPI, PMI, pramuka, mahasiswa, pencinta alam, SAR, selebriti, wartawan dan lain-lain,” katanya.

Tagana adalah tulang punggung Depsos dari pusat sampai ke daerah dalam penanggulangan bencana. Tagana bukan ormas, melainkan tim yang bekerja atas koordinasi Depsos.

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    Mulyadi Dt. Marah Bangso said,

    Bengkulu adalah kota kelahiran saya. Semoga aman selalu ….

  2. 2

    haryadi - bengkulu said,

    Sy br 3 bln di Bengkulu n dlm kurun wkt 3 bln itu sdh merasakn bbrp kali gempa. Sy mengapresiasi keberadaan posko tsb, smg bs brmanfaat. Mhn agar keberadaan posko tsb lbh disosialisasikn.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: