Sekapur Sirih…

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

 

Para pembaca yang budiman, sudah lama saya ingin membuat blog pribadi ini yang memuat beberapa info yang diperlukan oleh banyak orang, utama sekali info tentang Jalan Lintas Sumatera (JALINSUM) yang sudah saya collect sejak lama, baik dari pengalaman pribadi maupun info yang saya terima dari sumber2 lain.

 

Dengan tujuan agar orang lain yang memerlukan dapat terbantu dan dapat terpandu ke tempat tujuannya di atas Pulau Andalas yang permai ini.

 

Apabila info ini dapat membantu para pembaca sekalian, silahkan diteruskan kepada yang lain, tetapi apabila ada hal2 yang perlu diperbaiki atau diperbaharui dari info yang sudah saya sajikan, jangan segan2 untuk menginfokannya kembali kepada saya baik melalui SMS (08127834825) atau email ke : mulyadi@pusri.co.id sebagai bahan revisi atau perbaikan pada edisi berikutnya. Insya Allah selagi saya diberi kesehatan dan kelapangan waktu oleh ALLAH SWT, maka info2 ini akan terus saya update sesuai info yang saya terima atau yang saya alami sendiri.

 

Semoga bermanfaat.

 

Sebagai info Biografi saya adalah sbb :

 

Saya sebagai salah seorang keturunan dari etnis MINANGKABAU dengan nama lengkap : Ir. H. Mulyadi Dt. Marah Bangso, yang berasal dari sebuah kenagarian (se level Desa atau Kelurahan) yang bernama SULIT AIR di Kecamatan X KOTO DIATAS, Kabupaten SOLOK, Propinsi SUMATERA BARAT, terlahir di Kota Bengkulen atau Bangkahulu yang juga terkenal dengan istilah KETUPAT BENGKULU nya 51 tahun yang silam.

 

Sekarang masih aktif sebagai karyawan PT.Pusri Palembang semenjak tahun 1985 dan selalu meng update info tentang JALINSUM ini jauh sebelum saya bertugas di PT.Pusri yaitu sewaktu saya masih menjadi mahasiswa di Fakultas Teknik Jurusan Mesin USU Medan tahun 1976 yang silam.

 

Semasa menjadi mahasiswa, sempat mengabdikan dirinya menjadi Staf pengajar dengan status Honorer di MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Medan dalam kurun waktu antara tahun 1979 sampai 1984 dan sebagai salah seorang pembina terbentuknya Jurusan IPA di Sekolah / Madrasah yang baru di liquidasi dari sekolah yang berorientasi keagamaan bernama SPIAIN itu menjadi MAN yang menggabungkan ilmu Umum dan Agama.  

 

Dengan putera sebanyak 3 orang, 1 laki-laki, 2 perempuan dari isteri yang keturunan Minangkabau juga, yang terlahir di Kota Rambutan Binjai Sumutera Utara, senang ber-organisasi dan menolong orang.

 

Di lingkungan keluarga, oleh kaum yang se suku dengan saya, dipercayakan menjadi Pemangku Adat atau Kepala Kaum dari Suku LIMO SINGKEK KUBANG Kenagaraian Sulit Air – Solok Sumatera Barat semenjak tahun 2004 yang lalu.

 

Itulah sedikit info tentang diri saya. Bila ada yang ingin mendapatkan info lebih rinci serta dengan tujuan silaturahmi, silahkan kontak saya atau memuatkan tulisan / komentarnya di blog saya ini.

 

Wassalam,

HM Dt.Marah Bangso

22 Tanggapan so far »

  1. 1

    Dra.Hj.Nurjamiah Azfa Manik said,

    Ass.
    Semoga semua ini semua dicatat sebagai Amal sholeh oleh Allah SWT, dan menjadi Ilmu Yuntafaumbih sebagai bekal yang kita bawa sampai ke akhirat nanti, Ana senang membacanya karena Ana tinggal di Padang, Bapak tinggal di SUMUT ya, tapi masih tetap ingat dengan Sumbar, Ok,
    Semoga semua yang membaca merasa mendapat sesuatu yang bermanfaat disini, karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

  2. 2

    Mulyadi Dt. Marah Bangso said,

    Waalaikumsalam,wr,wb.
    Kalau membaca nama Clan Azfa Manik tertulis dibelakang nama ibu Dra.Hj.Nurjamiah dan tinggal di Padang, saya jadi teringat mantan murid saya dulu di MAN Medan seperempat abad yang lalu yaitu Muhibbullah Azfa Manik yang jadi dosen di UBH Padang. Bahkan Bapak Azfa Manik (alm) sendiri bersama saya dan lain2nya ikut membina terbentuknya MAN Medan dari asalnya SPIAIN.
    Ada hubungan apa Ibu Nurjamiah dengan Clan Azfa Manik ini ?
    Terima kasih telah memberikan komentar yang positif terhadap blog saya ini, semoga Chairunnas Yanfa’unnas dapat terjelma dalam diri saya. Amin …

  3. 3

    Muhibbullah Azfa Manik said,

    Ass ww. Bang Mul, Nurjamiah Azfa Manik itu memang kakak saya. Anak tertua dari M. Azhar Manik. Saya heran juga kok bisa-bisanya kakak saya itu merespon blog Abang. Sama sekali saya tidak ada dan belum pernah membicarakan Abang akhir-akhir ini. Kalau dulu waktu masih sekolah di MAN Medan memang sering. Semua guru, yang sekarang lebih saya anggap ABANG, sering saya bicarakan di rumah.
    Apakah feeling kakak saya tersebut mengatakan “ini adalah MULYADI guru favorit adiknya dulu”, wallahu a’lam. O ya, lebaran kemarin kami kumpul semua di Padang. termasuk Si Nas juga. Malah dia berencana agak lama disini, hingga bulan November.
    Sekian dulu klarifikasi dari saya.

  4. 4

    Mulyadi Dt. Marah Bangso said,

    Wa’alaikum salam,wr,wb.
    Iboel beserta kakak-adek (dari Clan Manik) yang sedang berada di Padang, saya sangat senang membaca info dari kalien semua, apa lagi kalien sedang kumpul di Padang dalam keadaan sehat, akur dan damai. Ini contoh keluarga yang ideal dan cukup solid. Salam untuk Nash, Nurjamiah dan seluruh keluarga besar Manik yang ada di Padang. Oya, Ibunda tercinta apa masih ada ? dan apa juga sedang kumpul di Padang ?. Salam juga untuk beliau.

  5. 5

    Buat Muhibbullah, nggak usah kaget karena kak Ijem juga ada buka blog man-1 medan, sehingga kak Ijem kirim SMS kepada saya,setelah melihat blog saya.Blognya pak Mul juga saya tautkan disana.
    Untuk pak Mul.selamat bercocok tanam di ladang amal.

  6. 6

    Muhibbullah Azfa Manik said,

    Ass ww. Maaf agak terlambat memposting balasan ini, Bang. Ibunda(kami memanggilnya, Ummi) alhamdulillah masih ada, saat ini usianya 77 tahun, dan tinggal di Padang, tepatnya di Rumah saya yang di Tunggulhitam. Kebetulan kaka saya itu rumahnya tepat di depan rumah saya itu. Ummi tinggal dengan adik yang paling bungsu, Fahmud. Sementara saya, karena beberapa alasan, tinggal di kompleks dekat kampus 3 UBH. Itu saja dulu, Bang. O ya, si Nash sampai saat ini masih belum ke Malang. Masih kangen dengan Ummi katanya.

  7. 7

    jhon rl.tobing said,

    Horas bah… Datuk
    Setelah membaca…… hasil beberapa liputan…saya berpendapat bahwa blog ini cukup bermanfaat untuk di kembangkan terus alias di update…. saya berterima kasih dan salut pada Datuk Mulyadi yang tadinya saya kira suku jawa, ternyata orang awak alias minang yang dilahirkan di bengkulu…..karena masih sempat meluangkan waktu dan peduli ditengah kesibukannya mengurusi Pusri terhadap masalah transportasi…..khususnya jalur lintas sumatera…… semoga kiranya pembaca bisa turut andil menginformasikan perkembangan terkini dijalanan serta pengalaman seperti dipenyeberangan dll, baik lewat sms atau email/blog ini…. semoga Datuk semakin jaya, …… salam persahabatan

    wassalam,
    Om Tobing

  8. 8

    Muhibbullah Azfa Manik said,

    Ass ww.
    Bang, Ibunda (kami memanggil beliau Umi) masih diberi Allah umur panjang (sekarang 78 thn). Dan sekitar 14tahun terakhir sudah berdomisili di Padang, di rumah kakak. Jadi saat ini kami berempat berkumpul dgn Umi karena Nash belum kembali ke Malang. Itu saja berita kami dari Padang, Bang. Salam buat kakak dan seluruh keluarga di Palembang.

  9. 9

    Samsul bahri nst said,

    Ass.Wr.Wb.Pak, apa kabar? setelah membaca tulisan Bapak, saya ingat Bapak memberikan tausyiah di MAN 1 doeloe kepada saya (samsul adik Bang Hasyim) yang sangat berarti bagi saya yang sekarang menjadi guru di MAN 1 Medan (guru Fisika).thanks

  10. 10

    Mukhlis Malik said,

    Assalamu ‘alaikum war.wab

    Blog Ladang Amal ini sudah saya tautkan di Blog Keluarga Besar MAN-1 Medan.
    Semoga lebih bermanfaat.

  11. 11

    muhammad s said,

    Assalamu Alaikum W W,

    Datuk yang terhormat, saya sudah kunjungi blog Datuk, Onde…Blog Datuk cukup bagus, bermanfaat bagi orang banyak. Semoga tetap tak henti mengupdate agar infonya selalu fresh.

    Salam dari bogor,
    muhammad s

  12. 12

    Mulyadi Dt. Marah Bangso said,

    Waalaikumsalam,wr,wb.
    Dikarenakan kesibukan pada akhir tahun kemarin maka saya agak jarang masuk ke blog saya ini untuk melihat-lihat tanaman yang ada di ladang yang sudah mulai disemai bibitnya tahun lalu itu, yang harus disiram dan di pupuk, biar subur, menghasil buah yang segar dan harum.
    Mudah2an ke depan saya diberi waktu dan kesempatan oleh Allah untuk selalu memelihara tanaman yang ada di ladang saya ini.

    Wassalam,
    HM Dt.MB (52 th)

  13. 13

    Mulyadi Dt. Marah Bangso said,

    Waalaikumsalam,wr,wb.
    Terima kasih Lis, semoga ladang ini banyak manfaatnya bagi orang yang membutuhkan.
    Wassalam,
    Mantan gurumu.-

  14. 14

    Mulyadi Dt. Marah Bangso said,

    Waalaikumsalam,wr,wb.

    Satu lagi mantan murid saya yang juga menjadi guru di tempat saya mengabdi dulu. Selamat berjuang …

    Wassalam,
    Mantan gurumu.-

  15. 15

    Mulyadi Dt. Marah Bangso said,

    Waalaikumsalam,wr,wb.
    Ini juga mantan murid saya dulu. Alhamdulillah Umi berumur panjang, salam untuk beliau dan keluarga yang ada di Padang. Kalau udah 14 tahun di Padang berarti sudah ngerti lah bakecek caro Padang kan ?

    Wassalam,
    Mantan gurumu.-

  16. 16

    Mulyadi Dt. Marah Bangso said,

    Horas Lae Tobing ……
    Dikarenakan kesibukan pada akhir tahun kemarin maka saya agak jarang masuk ke blog saya ini untuk melihat-lihat tanaman yang ada di ladang yang sudah mulai disemai bibitnya tahun lalu itu, yang harus disiram dan di pupuk, biar subur, menghasil buah yang segar dan harum.
    Mudah2an ke depan saya diberi waktu dan kesempatan oleh Allah untuk selalu memelihara tanaman yang ada di ladang saya ini.
    Mauliate …. Horas …. bah …. habis boras makan gabah ….. he…. he…..

  17. 17

    Mulyadi Dt. Marah Bangso said,

    Waalaikumsalam,wr,wb.
    Selamat kangen-kangenan …. Kapan2 kita jumpa juga lah …. melepas kangen ku …..

  18. 18

    Mulyadi Dt. Marah Bangso said,

    Lis dan Iboel, Dikarenakan kesibukan pada akhir tahun kemarin maka saya agak jarang masuk ke blog saya ini untuk melihat-lihat tanaman yang ada di ladang yang sudah mulai disemai bibitnya tahun lalu itu, yang harus disiram dan di pupuk, biar subur, menghasil buah yang segar dan harum.
    Mudah2an ke depan saya diberi waktu dan kesempatan oleh Allah untuk selalu memelihara tanaman yang ada di ladang saya ini.

  19. 19

    rahma dewi said,

    Aslm wr wb. terima kasih telah berkunjung ke blog saya pak.. bapak benar sekali saya orang sulit air kabupaten solok sumbar.. tapi sayang saya juga bingung suku saya apa.. ayah saya piliang ibu saya sinkekjorok..kok bapak tau sich saya orang sulit air hehe.. kebetulan saya belum menikah usia saya saat ini 28 tahun saya tinggal di batam berkerja di laboratorium sebuah sekolahan sambil juga freelance di bimbingan belajar adzkia, saya juga ga ikiutan ipsa.. abisnya saya ga ada kenal orang sulit air di batam ini.. he.he.. dulu sich pernah ikutan waktu masih sma di lampung.. kebetulan waktu sma saya tinggal dengan nenek saya di natar…nama datuk saya Abdul muis, usaha kami rumah makan ” densiko” mungkin bapak pernah engar?? but now finish already..he.he.. saya juga punya sodara di palembang… sepupu dari pihak ibu tapi saya ga kontak.. dah lupa sichh he.he.. senang sekali berkenalan dengan bapak.. terima kasih banyak ya pak..
    btw dah mendektai ramadhan minggu terakhir.. semoga ibadahnya makin semangat ya pak.. salam buat ibu dan anak-anak..

    selamat menyambut Idul Fitri..

    Rahma dewi

  20. 20

    Assalamualaikum,wr,wb.
    Maaf baru ada kesempatan masuk di Sekapur Sirih ini. Bagi yang sudah membaca dan masuk ke Blog saya ini serta mendapatkan manfaatnya terutama bagi para pemudik yang akan pulang kampung berlebaran dikampung halamannya, saya ucapkan selamat berlebaran di Kampung dengan sanak familinya, semoga diberi kesehatan dan keselamatan selama dalam perjalanan pulang – pergi ke kampungnya tersebut.
    Bagi yang ingin mendapatkan soft file Sketsa Jalinsum terkini, silahkan download langsung di situs fotografi dan pariwisata Propinsi Sumatera Barat http://www.west-sumatra.com pada menu : Destination – Maps
    Wassalam,
    HM Dt.Marah Bangso (52+)

  21. 21

    nita said,

    pak saya boleh minta rute jalan lintas timur, barat, dan tengah.terima kasih


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: